Kamis, 05 Juli 2012

Tari Pendet


Tari Pendet

| January 24, 2012 | 0 Comments
Tari Pendet merupakan tarian khas yang paling terkenal di Bali selain tari Kecak. Bahkan karena kekhasan tari Pendet, tarian ini pernah menimbulkan kontroversi antara Malaysia dan Indonesia pada tahun 2009.
Pada awal pementasanya, tari Pendet lebih banyak ditampilkan di pura sebagai tari pemujaan yang ditujukan sebagai pemyambutan turunnya dewata ke alam dunia.
Tari pendet biasanya ditampilkan di depan pura setelah penampilan tari Rejang. Dalam membawakan tari Pendet biasanya penari menghadap ke arah suci (pelinggih).
Tari pendet biasanya dibawakan secar berpasangan ataupun berkelompok. Meskipun tari pendet merupakan tarian upacara yang sakral.
Tari Pendet
Namun tari pendet tidak memerlukan pelatihan khusus untuk menarikannya. Setiap orang boleh membawakan tari pendet, tidak terhalang pada gender ataupaun terlatihnya seseorang.
Karena pada dasarnya gerakan tari pendet bisa ditiru dari penari senior yang berada di depan barisan yang bertangung jawab untuk memberikan contoh yang baik.
Para penari pendet biasanya memakai pakain upacar dengan membawa perlengkapan sesajen yang meliputi sangku, kenci, cawan dan perlengkapan lainnya.
Selain ditampilkan sebagai tarian pemujaan, tari pendet juga tidak jarang ditampilkan sebagai tarian selamat datang dengan penaburan bunga oleh penari ke arah penonton.
Walaupun digunakan sebagai tarian selamat datang ataupun sebagai tanda mulainya sebuah pertunjukan, keskralan tari Pendet tidak akan pernah berkurang ataupun luntur.
Karena dalam tari Pendet tetap ditunjukan nilai – nilai keagaman yang kental dalam setiap pertunjukannya.
Sedangkan untuk kareografinya sendiri, tari Pendet dipercaya telah melalui beberapa perubahan sejak lahirnya tari Pendet pada tahun 1950.
Pada tahun 1961, I Wayan Beratha mengkreasikan lagi pola – pola gerakan yang ada dalam tari Pendet termasuk penambahan jumlah penarinya.
Setahun kemudian, I wayab Beratha bersama teman – temanya mengumpulkan 800 orang untuk menarikan tari Pendet yang telah dikreasiknnya dalam acara Asian Games di Jakarta.
Sedangkan untuk kareografi tari Pendet modern diciptakan oleh I Wayan Rindi yang merupakan kareografer yang telah dikenal secara luas sebagai orang yang mampu mengubah dan meletasrikan tarian Bali. (nn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar