Kamis, 05 Juli 2012

Rumah Adat Betawi


Rumah adat betawi pada umumnya memiliki struktur dengan rangka kayu atau juga bambu, sementara untuk alas lantainya dilapisi cukup dengan tegel atau semen.
Jika anda ingin memiliki rumah yang unik, anda dapat mengambil beberapa ide dari tipe Rumah Adat Betawi ini.

Ada 2 Tipe Rumah Adat Betawi:

Sering juga disebut sebagai rumah kebaya. Ciri khas dari rumah adat betawi ini memiliki halaman depan rumah yang luas, ruang tamu dan bale tempat bersantai berada diteras rumah dengan ruangan semi terbuka dengan dibatasi pagar kurang lebih setinggi 80 cm. Posisi lantai teras lebih tinggi dari tanah permukaan halaman yang memiliki anak tangga sekitar 2-3 saja.
Didepan dan sekeliling rumah merupakan halaman yang luas dan berpagar. Rumah bapang adat betawi desain nya sangat sederhana, hanya berbentuk kotak terbuat dari kayu dan diukir dengan ukiran khas betawi. Bagian rumah hanya terdiri dari halaman luas, ruang tamu dan istirahat diteras rumah, ruang keluarga, beberapa kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

Rumah Gudang

Sesuai dengan namanya, rumah adat betawi ini berbentuk persegi panjang dari depan ke belakang. Bentuk atap rumahnya menyerupai perisai atau pelana kuda, dan didepan rumah memiliki atap yang kecil dengan lis plank yang terbuat dari papan kayu yang diukir berbentuk ornamen segitiga berjajar yang biasa disebut gigi balang.
Pada bagian ruang tengah terdapat kamar tidur, raung makan, dan kamar mandi yang hanya dibatasi dengan dinding kayu dan beberapa jendela sebagai ventilasi udara. Pada bagian luar merupakan teras terbuka yang dikitari dengan pagar karawang yang rendah dari kayu. Sementara atap nya menggunakan genteng dari tanah liat.
Keunikan lain dari rumah adat betawi ini adalah dinding depan rumah yang menggunakan sistem knockdown agar bisa dibongkar pasang jika menginginkan ruang an yang lebih luas pada saat si tuan rumah mengadakan hajatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar