Senin, 25 Juni 2012

Cara beradaptasi dengan lingkungan kerja baru


 

Cara beradaptasi dengan lingkungan kerja baru

 
Memasuki kantor baru dapat menjadi langkah awal seseorang menuju karir yang lebih baik. Sebagai karyawan baru, tentunya hari pertama bekerja menjadi satu moment yang diharapkan sebagai perkenalan awal yang akan membawa kita untuk dapat dengan mudah diterima dalam lingkungan kerja tersebut. Kedatangan karyawan baru dalam suatu perusahaan terkadang mendatangkan cerita tersendiri bagi karyawan lama. Cerita yang muncul bisa berupa cerita yang enak didengar atau bahkan sebaliknya, menjadi suatu cerita yang sangat tidak mengenakkan. Terutama jika kita diterima diperusahaan tersebut dengan posisi dan level supervisor atau manager. Tidak akan timbul masalah jika dalam perusahaan baru tersebut kita langsung memiliki bawahan atau anak buah yang masa kerja hampir sama dengan kita. Namun akan sangat jauh berbeda jika bawahan kita adalah orang-orang yang sudah bekerja lama dengan masa kerja hampir seumuran dengan awal berdirinya perusahaan baru kita tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara adaptasi yang cepat dan tepat.
1. Buatlah kesan awal yang baik pada saat awal perkenalan
"Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda".Sepenggal kalimat itu mengingatkan kita pada salah satu iklan di televisi. Dan kalimat itu dapat menjadi senjata ampuh saat memasuki kantor baru. Kesan baik yang kita buat dapat kita awali dengan komunikasi yang baik dengan sikap yang ramah. Dengan kesan awal yang baik, orang akan berfikir baik tentang kita. Jangan pernah tunjukkan sikap yang kaku pada awal perkenalan meskipun dalam perusahaan itu kita menduduki posisi yang bagus dan langsung memiliki anak buah.
2. Menjaga sikap dan komunikasi saat berinteraksi
Sikap dan komunikasi menjadi alat utama dalam berinteraksi dengan karyawan lain dalam perusahaan. Gunakan kata-kata yang menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Misalnya, gantilah penggunaan kata "aku, atau kamu" dan gantilah dengan "saya, atau anda" ketika berbicara. Komunikasi ini mungkin terlihat sangat formal dan membutuhkan banyak latihan. Namun jika ini berjalan lancar, imbalannya akan sebanding.
Cara lainnya adalah ketika kita berbicara dengan orang lain, bicaralah tentang mereka. Dan pancinglah mereka untuk berbicara tentang diri mereka. Tujuannya adalah untuk lebih mengetahui karakter mereka dengan cepat.
3. Pahamilah dengan cepat dan benar tentang job Description kita dan sub ordinat
Tujuannya adalah menghindari jangan sampai terlalu banyak bertanya kepada karyawan lain, apalagi saat masuk perusahaan tersebut kita sudah ada pada posisi level menengah atau atas. Ini penting untuk dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam melakukan perintah terhadapa bawahan. Jangan sampai asal main perintah saja. Hal ini akan menimbulkan rasa ketidaksenangan orang-orang terhadap kita.
4. Buatlah diri kita menjadi pendengar yang baik
Pendengar yang baik bukan berarti selalu meng"iya"kan apa yang orang lain katakan. Berikan masukan atau tanggapan yang sekiranya dapat dengan mudah dipahami maksud dan tujuan tanggapan kita. Semakin kita menjadi pendengar yang baik, kita akan semakin pandai, semakin disukai dan semakin baik sebagai pembicara.
5. Jangan pelit untuk mengeluarkan kalimat "terima kasih"
Sebagai karywan baru, tentunya kita belum banyak tahu seluk beluk perusahaan kita yang baru. Dan itu mengharuskan kita untuk bertanya pada siapapun. Oleh karenya, untuk menjalin hubungan yang lebih baik maka janganlah pelit untuk mengatakan "terima kasih" setelah menerima atau meminta bantuan orang lain.

Hal-hal diatas merupakan bagian dari cara kita untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan baru
 
 http://id.shvoong.com/how-to/careers/2281928-cara-beradaptasi-dengan-lingkungan-kerja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar